Sabtu, 03 Agustus 2013

Sajian Kuliner Lebaran Dari Berbagai Negara Asia

DREAMERSRADIO.COM - Setelah sebulan penuh menjalani ramadhan akhirnya Idul Fitripun sebentar lagi tiba. Setiap lebaran selalu tersaji banyak makanan enak dan menggoda selera sebagai tanda hari kemenangan tiba. Selain itu selalu tersedia makanan yang khas di hari tersebut. Tidak hanya di Indonesia, di berbagai negara Asia yang merayakan hari lebaran juga mempunyai sajian khas dari negaranya masing-masing. Seperti apa sajian lebaran di berbagai negara Asia?

Dilansir dari berbagai sumber inilah kuliner khas lebaran negara-negara Asia :

Makanan khas lebaran Indonesia selalu lekat dengan makanan pedas dan bersantan. Saat lebaran ketupat adalah sajian yang wajib disantap bersama dengan sayur pedas yang terbuat dari labu atau nangka. Tak ketinggalan opor ayam, rendang dan sajian daging lainnya. Selain itu saat lebaran berbagai daerah di Indonesia juga mempunyai makanan khas masing-masing seperti lemang, tapai ketan, dodol dan masih banyak lagi.


Ternyata tidak hanya di Indonesia, negara singa ini pun menyantap sajian lebaran khas melayu seperti ketupat dan dodol. Karena sebagian besar warga muslim disana merupakan pendatang dari melayu. Dan juga ada tradisi untuk menyediakan kue-kue kering.

Negara tetangga mempunyai tradisi yang sama saat lebaran seperti di Indonesia. Menyantap ketupat menjadi hal yang wajib, namun ketupat di Malaysia tidak terbuat dari beras melainkan beras ketan. Selain itu makanan khas lebaran di Malaysia ialah lemang. Lemang menjadi sajian khas orang melayu saat lebaran tidak hanya di Malaysia. Namun, lemang menjadi makanan tradisi yang hanya ada ketika Hari Raya


Di negara ini sajian lebaran cenderung adalah makanan yang pedas-pedas. Kari Chotpoti adalah makanan wajib saat hari raya Idul Fitri di Bangladesh. Sajian kari yang memiliki rasa pedas ini terbuat dari kacang polong, kentang dan telur. Kari Chotpoti tidak menggunakan daging sama sekali.
Bubur Hyderabad Haleem menjadi makanan khas lebaran di India. Unik dan berbeda dari kebanyakan sajian lebaran yang ada. Bubur ini memiliki cita rasa pedas dan gurih, umumnya hidangan ini tersaji dengan suwiran daging domba. Bubur ini terbuat dari bahan kacang kantil dan gandum.Selain bubur hyderabad, ada juga sajian khas bernama samia hidangan berupa mi gandum tipis yang dimasak denga susu,gula dan kismis.
Makanan khas lebaran negara ini adalah Sa Nwin Ma Kin, sebuah kue yang bentuknya mirip dengan pudding yang terbuat dari tepung semolina. Rasanya juga gurih karena diatasnya diberi taburan kelapa sangrai dan kacang almond.



Masyarakat muslim di China memang tergolong minoritas. Sehingga saat lebaran tiba di negara ini tidak terlalu meriah dan megah. Karena di China, mie adalah sajian yang populer saat suatu perayaan, warga muslim di China menyajikan sup mie la mian.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar